Rabu, 27 Februari 2013

Apakah Asteroid itu?

Asteroroid adalah benda angkasa yang  lebih kecil daripada planet. Disebut juga planet minor atau dwarf planet. Biasa juga disebut planetoid, khususnya untuk yang berukuran lebih besar. Umumnya terdapat di bagian lingkar dalam pada tata surya, lebih ke dalam daripada lintasan orbit planet Jupiter.

Asteroid pertama yang ditemukan diberi nama Ceres, ditemukan oleh seorang ahli astronomi Italia bernama Guiseppe Piazzi pada tahun 1801. Saat itu Guiseppe menjabat sebagai direktur observatorium Palermo di Sisilia. Pada awalnya Guiseppe menyebutnya sebagai planet baru, tetapi untuk kemudian seorang ahli astronomi yang lainnya bernama Sir William Herschel mengubah sebutannya menjadi asteroid dikarenakan bentuknya yang tidak beraturan (tidak seperti planet) dan sangat kecil dibandingkan dengan planet.


Gambar asteroid.
(Tribute to Wikipedia as known as wikipedia.org)

Ada 3 penggolongan asteroid yang perlu diketahui :

Asteroid Belt (Sabuk Asteroid)
Sabuk asteroid terletak pada orbit antara planet Mars dan Jupiter. Diperkirakan terdapat 1,1 hingga 1,9 juta asteroid dengan diameter lebih dari 1 km di orbit ini.

Trojan Asteroid
Trojan asteroid adalah sekumpulan astroid yang berbagi orbit dengan planet besar atau satelit bulan dengan orbit yang stabil pada titik orbit yang disebut Langrangian Point. Kumpulan trojan asteroid paling banyak adalah Jupiter Trojan. Belakangan juga didapati Trojan Asteroid dengan orbit bersama dengan planet Mars.


Gambar sabuk asteroid dan trojan asteroid
(Tribute to Wikipedia as known as wikipedia.org)


Asteroid Yang Dekat Dengan Bumi
Asteroid yang dekat dengan bumi disebut Near Earth Asteroids (NEA) adalah asteroid-asteroid dengan orbit yang dekat dengan bumi. Sejak mei 2010 diketemukan sekitar 7.075 asteroid. Dari jumlah tersebut terdapat asteroid dengan diameter lebih dari satu kilometer sekitar 500 hungga 1000 asteroid.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar